Pernah mengalami masalah di pengiriman saat belanja online?
Contohnya barang terlambat datang, barang nyasar, atau bahkan barangnya hilang?
Aku sebagai seorang pemilik online shop tentunya sering banget menghadapi
masalah ini.
“Sis, kok barangku belum sampe ya?”
“Sis, kok barangnya ga nyampe2 sih? Padahal udah lebih dari
seminggu”
Ini adalah tanda awal masalah di pengiriman. Biasanya kalau customer @canvasbagmania sudah seperti ini aku langsung memberikan resi dan nomor telepon customer
service dari kurir yang bersangkutan, kalau aku sih biasanya pakai JNE, jadi
aku selalu kasih nomor customer service JNE (021-29278888). Hehehe J
Saran aku, sebelum telpon ke customer service JNE sebaiknya
cek terlebih dahulu resi yang sudah diberikan oleh pihak online shop atau penjual. Caranya? Melalui website JNE di www.jne.co.id atau bisa juga melalui www.cekresi.com J Setelah cek, kalian bisa tahu
status barang kalian dan masalah yang terjadi. Apabila barang statusnya masih
“ON PROCESS” dan masih belum melebihi estimasi pengiriman, harap bersabar yaa
karena itu artinya barang masih dalam proses pengiriman J
Terus, bagaimana kalau barang belum sampai tujuan padahal
sudah lebih dari hari estimasi pengiriman? Hmm, jadi biasanya ada beberapa
kemungkinan yang menyebabkan barang belum sampai:
1.
Alamat tidak lengkap atau alamat tidak ditemukan
Solusi: Segera telpon customer service JNE
dan konfirmasi lagi apakah alamat yang tertulis sudah benar dan berikan juga
patokan alamat tujuan, seperti lokasi tujuan berada di dekat apa? Dekat mall A
misalnya, atau dekat sekolah B, atau dekat supermarket C. Atau lebih bagus lagi
kalau kalian jelaskan bagaimana cara mencapai alamat tujuan. Contohnya, dari
rumah sakit A putar balik, ada alfamart belok kiri, rumahnya cat biru dan
pagarnya warna putih, sebelah tempat praktek dokter X.
2.
Tidak ada orang di alamat tujuan (Biasanya
keterangan yang tertulis adalah TUTUP)
Solusi: Segera telpon customer service JNE dan minta paket kiriman agar dikirim ulang. Lalu, bagaimana kalau biasanya memang tidak ada orang di rumah? Kalau sudah begini, sebaiknya langsung diambil saja di JNE kota kalian. Saat kalian telpon customer service JNE, minta alamat dan nomor telpon JNE, jangan lupa untuk memberitahukan kalau kalian mau mengambil paket kiriman di kantor JNE tempat paket berada J
Solusi: Segera telpon customer service JNE dan minta paket kiriman agar dikirim ulang. Lalu, bagaimana kalau biasanya memang tidak ada orang di rumah? Kalau sudah begini, sebaiknya langsung diambil saja di JNE kota kalian. Saat kalian telpon customer service JNE, minta alamat dan nomor telpon JNE, jangan lupa untuk memberitahukan kalau kalian mau mengambil paket kiriman di kantor JNE tempat paket berada J
3.
Barang sudah diterima tetapi penerima tidak
dikenal
Hal ini paling sering terjadi kalau barang
dikirim ke tempat-tempat umum seperti sekolah atau asrama. Karena biasanya yang
menerima adalah satpam atau penjaga setempat.
Solusi: Pastikan kalian tahu nama satpam
atau penjaga setempat yang kemungkinan menerima paket kalian. Belum ketemu
juga? Hmm, ada kemungkinan kalau kurirnya salah kirim L Kalau hal seperti ini
terjadi, sebaiknya segera telpon customer service JNE dan ceritakan masalah
yang kalian hadapi, dan juga minta agar barang segera dikirim ke alamat yang
sebenarnya.
4.
Barang terselip di JNE atau tidak diproses
Biasanya statusnya selalu “ON PROCESS”,
padahal sudah melebihi hari estimasi pengiriman.
Solusi: Saat menelepon customer service JNE,
ceritakan masalah kalian kalau barang statusnya masih “on process” padahal
sudah lebih dari hari estimasi pengiriman. Apabila ternyata barang terselip
atau hilang pastikan kalian menelepon JNE sesering mungkin untuk mengetahui progress
pencarian barang kalian.
Aku tahu kalau menghadapi masalah di pengiriman barang saat
berbelanja ini memang ini ngeselin, tapi perlu diingat bahwa orang-orang yang
bekerja di JNE adalah manusia seperti kita yang kadang melakukan kesalahan.
Jadi sabar saja, dan konfirmasi terus ke pihak customer service JNE mengenai
barang atau paket kalian J
Curhat Session:
Ada beberapa customer yang justru menyalahkan pihak online
shop karena barangnya tidak sampai-sampai, padahal sebenarnya masalah tersebut
adalah kesalahan dari pihak kurir L
#disitusayamerasasedih hahahah.
Jadi, aku mau menegaskan bahwa jangan salahkan online shop
apabila terjadi masalah di pengiriman. Pastikan dulu apa ayng sebenarnya
terjadi, karena kalau ternyata kesalahan ada di pihak kurir, itu merupakan hal yang
terjadi di luar kendali kami sebagai pihak online shop J
Selain itu, ada juga customer yang tidak mau menghubungi
pihak kurir dan malah menyuruh pihak
online shop untuk menghubungi pihak kurir dengan berbagai alasan, seperti pulsa
habis, nggak bisa ditelepon, dll. Lagi-lagi #disitusayamerasasedih. Aku sebagai
pihak online shop, biasanya mau membantu customer untuk menghubungi pihak
kurir. Tetapi, rasanya agak gimana gitu ya melihat customer yang nggak ada
usahanya sama sekali L
Padahal kami sebagai pihak online shop sudah melakukan tugas kami untuk
mengirim barang yang dipesan dan memberikan nomor resi atau nomor bukti
pwngiriman kepada pihak pembeli.
Untuk masalah kurir susah ditelpon, kita semua harus
bersabar, karena pihak kurir juga melayani banyak customer lain pada saat yang
bersamaan. Intinya, ikuti instruksi mesin penjawab telpon pihak kurir dan kalau
pihak kurir tidak bisa ditelpon, telpon lagi dan lagi sampai terhubung. Jadi,
bukan pihak pembeli saja yang susah untuk menghubungi kurir, tapi pihak online
shop pun juga mengalami hal yang sama. Maka, nggak ada salahnya kan untuk
saling membantu dengan sama-sama menelepon kan? Heheheh.
Sekian potinganku kali ini J
Semoga bermanfaat ya, terutama untuk orang-orang yang mengalami masalah pengiriman
saat berbelannja online J
See you on my next post J
XOXO
huhuhu aku sering nih kak, karena didaerah rumah aku belom ada penomeran rumah, jadi aku selalu wanti wanti pihak olshop untuk nulis alamat selengkap yang aku tulis tapi kadang adaaaa aja yang ngga nulis ancer-ancer rumahnya, jadi kzl. biasanya kalo udah tau gitu, aku ga mau belanja lagi disitu.
BalasHapussisanya sih biasanya kan kurir suka telfon/sms/wa tuh kalo mau kirim barang, kalo aku ga lagi dirumah yaaa aku minta ambil dikantornya aja hehe
wah susah jg ya sis kl blm ada penomoran rumah :o iya bener sis kalau masalah pengiriman harus begitu :)
HapusAlhamdulillah selama ini nggak pernah bermasalah sama kurir. Semoga jangan pernah deh ya..
BalasHapusamiin amiin :)
HapusAku sering ngalamin pengiriman bermasalah. Kalau barangnya non food biasanya aku ngga terlalu mikirin brp lamanya. Pasti ntar sampai kok. Yg sebel kalau barangnya frozen food yg satu hari mesti sampai.
BalasHapusWah sabar ya mbanyaa, kl makanan emang resikonya tinggi ya...
Hapusdilememanya jadi penjual online shop beginiii, aku kadang bingung sendiri kalo yang salah pihak kurir gitu yang tanggung jawab siapaa :(
BalasHapuspernah ada orang beli lukisan kaca di aku, eh sampe kesananya lukisannya pecah :(
mau nggak mau aku yang gantiin hikss
Sebaiknya kalau barang pecah belah packingnya harus super tebel and aman mba... Jangan lupa kasih sticker fragile di paketnya, karena di kurir itu barangnya suka dilempar-lempar :( Lebih bagus lagi kalau sebelum beli customer ditawarin untuk pakai asuransi yang ditawarkan oleh pihak kurir, jadi kalau seandainya paket hilang atau rusak, yang tanggung jawab pihak kurirnya mba :)
Hapussering ngalamin gitu nasib nasib
BalasHapusWah sabar gaan...
Hapus