Senin, 14 November 2016

Cara Mengembalikan Akun Instagram yang Disable

Beberapa waktu yang lalu, dunia online shop sempat digemparkan tentang banyaknya akun Instagram online shop yang hilang atau di-disable oleh pihak Instagram. Parahnya, akun @canvasbag.mania punya aku juga kena disable L Aku udah panik banget, karena akun itu adalah akun online shop aku yang followersnya udah 65k :'( Tapi ternyata banyak juga temen-temen online shop lain mengalami hal yang sama.

Oh ya, kayaknya banyak akun online shop di-disable oleh Instagram karena melakukan keroyokan (which is memang spamming banget).  Jadi waktu itu aku memang lagi keroyokan (bagi yang ga tau keroyokan, keroyokan itu sebuah istiah yang dipakai para online shop di Instagram untuk saling promosi satu sama lain, dan biasanya sekali posting bisa puluhan online shop, makanya spamming banget), terus pihak Instagram minta verifikasi account berkali-kali dan akhirnya aku aku ke-log out sendiri, dan saat mau masuk tulisannya seperti ini…



Nah, sekarang aku mau bahas cara mengembalikannya. Kalau tulisannya seperti di atas, yang harus kamu lakukan adalah klik learn more. FYI, ada beberapa orang yang nggak bisa klik learn more di perangkat apple, jadi aku saranin pakai hp android aja. Hehe.

Lalu, isi data yang diminta oleh pihak Instagram. Pilih “no” saat ditanya “Is this account used to represent a business, product, or service?”,  karena kalau kamu jawab “yes” kamu bakal diminta untuk foto npwp, siup, dll (kalo punya gapapa sih pilih yes, hehe). Terus isi full name (lama lengkap), username IG, email (kalau bisa email yang kamu daftarkan di account kamu yang hilang), dan country. Terus klik send. Sekali lagi, kalau nggak bisa, coba pindah ke perangkat android ya J

Lalu, kamu akan mendapatkan e-mail dari Instagram yang isinya kamu disuruh foto diri dengan memegang sebuah kertas, dimana di kertas itu kamu harus tulis kode (kodenya dikasih di email), nama lengkap, dan username Instagram kamu.  Oh ya, nulisnya harus pakai tulisan tangan ya. Pastikan juga fotonya memperlihatkan wajah dan tulisan dengan jelas.

Kalau sudah foto, balas e-mail dari Instagram tersebut dan lampirkan fotonya. Kalau bisa tuliskan juga “curhatan” kamu ke pihak Instagram. Contohnya, akun ini adalah sumber penghasilan saya, tolong kembalikan akun saya, maaf kalau saya melanggar peraturan Instagram blablabla.

Lalu tunggu beberapa hari (kalau waktu itu aku cuma sehari udah balik sih akunnya, tapi ada juga yang 1 minggu baru balik). Oh ya, kalau akun kamu sudah kembali di aktifkan, kamu akan mendapat e-mail dari pihak Instagram kalau Instagram kamu telah kembali diaktifkan. Yeay!!

Sekian dariku, semoga bisa bermanfaat ya postingan kali ini. Thank you J


30 komentar:

  1. Wah sekarang harus pake npwp ya.. berarti udah harus bayar pajak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mba, tapi untungnya bisa diakali :) hehhe

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Saya udah klik learn more tapi gak ada petunjuk buat isi data yg diminta sma pihak instagram. Cuma ada tulisan "kamu tidak dapat log in ke akun inj dan orang lan tidak akan dapat melihat akunmu lagi. Serta kami tidak dapat mengembalikan akun yg melanggar aturan sejenis ini".

    Kalo udah kaya bgitu saya harus apa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kalau itu bukan disable namanya, tapi memang udah dinonaktifkan sama pihak instagram :( Memang ga bisa balik kalau seperti itu gan.

      Hapus
  4. Aku ngalamin kaya gini juga.. Udah bales email dari instagram nya juga.. Tapi bakal balik kan ini min?

    BalasHapus
  5. Aku ngalamin kaya gini juga.. Udah bales email dari instagram nya juga.. Tapi bakal balik kan ini min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau cuma disable seharusnya bisa balik. Kalau sampe sekarang blm ada balesan lagi dr pihak instagram bisa resend emailnya. Tapi kl instagramnya dinonaktifkan secara permanen, itu udah nggak bisa balik lagi. Semoga bisa balik ya :)

      Hapus
  6. Mbak waktu itu kalo di search di akun lain ada gak akun yang kena disable itu ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo ga salah ga bisa di search, kl bisa di search biasanya ga ada fotonya sperti error gt. ikutin langkah yang diatas aja biar balik IG nya :)

      Hapus
    2. Klo akunnya balik, postingan lamanya juga balik ga ya?

      Hapus
    3. ada beberapa kasus yang postingannya hilang. cuma kl aku waktu itu sih balik semua :)

      Hapus
  7. mbak nanya dong, ceritanya aku lagi posting ig kayak biasa, eh, tiba-tiba akunku ga bisa ngerefresh dan terus begitu. aku coba liat dari akun lain, akunnya udah ga ada. dan coba login, malah "sepertinya id yg anda gunakan tidak ada". bingung mbak, kok bisa tiba2 hilang ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kl itu mungkin sudah dihapus permanen sama instagramnya :o Mau ga mau harus bikin lagi kl itu.

      Hapus
  8. Saya sdh masuk di learn more tp tdk ada menu hubungi kami tapi fill out this form pas di klik tampilannya beda , gimana ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa pakai perangkat android? hmm mungkin memang udh berubah atau karena pake perangkat yg bukan android jd formatnya beda :o

      Hapus
    2. Itu bisa klik formnya gimana ya? Soalnya punya saya juga ga ada hunungi kami

      Hapus
    3. Itu bisa klik formnya gimana ya? Soalnya punya saya juga ga ada hunungi kami

      Hapus
  9. saya udh mengikuti cra tersebut dan berulang ulang, tapi udh dua hari lebih belum ada masuk email balasan nya, gimana ya mba solusinya? mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang kadang balesannya bisa lama mba, ada juga temen onlineshop yg sebulan baru balik akunnya :')

      Hapus
  10. Kak aku abis deactive akun ig hari sabtu, trus hari minggu aku login lagi eh kok foto aku jd tinggal 1ya dari 14 foto? Cara balikinnya gimana ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. kl fotonya udah hilang ga bisa dibalikin lagi, di upload ulang aja :)

      Hapus
  11. Tolong tanya dong bedanya disabled permanen dan nggk itu apa y? Apa dr notice saat mau log in? Thnkyou

    BalasHapus
    Balasan
    1. kl disabled itu bisa dibalikin, kl yang dihapus permanen kayaknya tulisannya kayak dinonaktifkan gt.

      Hapus
  12. Kak jadi gini akun saya tiba tiba logout nah
    Saya lupa password untuk login kembali
    Lalu saya tekan tanda lupa password eh ada tulisan nama pengguna ini tidak di temukan lalu saya coba pakai username maaf akun ini tidak aktif bagaimana cara mengatasi nya kak? Terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  13. min kalo akun nya online shop tapi belum punya siup dll gimana tuh cara ngakalinnya

    BalasHapus
  14. Min mohon pencerahannya, jika sudah bbrp hari tidak ada balasan dari instagram sejak terakhir aku kirim foto dan tulisan tangan, apakah resend email nya dimulai lagi dari kirim foto ataukah dari awal kita ngajuin pembukaan akun lagi? (dari hubungi kami di instagram)?

    BalasHapus
  15. udah di isi semuanya username nya juga.. tapi setelah send ada tulisan klo username nya tsb aktif.. terus gimana min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini sama kaya kasusku, terus gimana akhirnya? udah bisa balik instagramnya?

      Hapus
  16. Kak semalem IG ku di non aktifin oleh pihak IG nya. Lalu aku coba otak atik dan di srh masukin kode yg di krm lewat sms. dan saya dpt notif laporan nya sedang di tinjau 1x24 jam. Kira2 msh bisa balik ga ya kak akun ku?

    BalasHapus

 
Images by Freepik