Rabu, 09 November 2016

Pengalaman Job Interview di Citibank

Hi all! Today I’m gonna tell you about my first job interview experience. So, yeah… Tanggal 24 Mei 2016 (aku tau ini udah lumayan lama), salah satu teman club di kuliah tiba-tiba ngomong di grup kalau Citibank lagi ada kesempatan internship, which was a good opportunity for a fresh graduate like me. Walaupun aku sudah punya online shop, tentunya aku juga ingin punya pengalaman baru dan merasakan bagaimana sih rasanya kerja kantoran. Selain itu, aku juga ingin supaya apa yang aku pelajari saat kuliah bisa berguna. So, ga ada salahnya mencoba kan?

Setelah baca pengumuman dari temanku tersebut, aku langsung tanya-tanya ke dia. Jadi intinya, Citibank lagi buka kesempatan internship, yang program internshipnya itu adalah selama 6 bulan, di bagian corporate banking, yang emang sesuai banget sama minatku. Jadi syaratnya adalah kirim CV dan lolos interview. Temanku ini udah wanti-wanti supaya aku belajar yang bener di rumah, karena katanya Citibank itu sangat selektif sekali. Jadi pokoknya harus bener-bener belajar. 

Ok, the next morning, aku langsung kirim CV ke manager-nya dan sekitar jam 4 sore di hari yang sama I got a call from Citibank, dan aku disuruh datang ke kantor Citibank di daerah Sudirman keesokan harinya jam 17.00 untuk interview.

Perasaanku waktu itu jujur aja senang karena berarti aku punya kesempatan dan takut, karena mindset-ku udah bilang bahwa masuk Citibank itu keliatannya susah banget.

Tanpa ba-bi-bu, aku langsung start belajar tentang financial ratios dan pengetahuan mengenai corporate banking. Well, jujur aja, aku tuh orangnya nggak bisa melakukan sesuatu secara spontan dan gampang stress, so I need to be prepared for everything, including a job interview.

Saat hari interview, aku sampai di Citibank jam 17.05, sedikit terlambat karena ada VIP lewat, jadi jalanan di stop… Ditambah lagi Jakarta yang sangat super duper macet (padahal aku berangkat dr rumah jam 14.45 loh guys…).

Ok, now let me tell you about the interview.

Yang wawancara aku adalah orang dari unit-nya langsung, awalnya ada 2 orang, lalu akhir-akhirnya nambah jadi 5 orang, dan nggak ada orang HRD. Oh ya, sesuai perkiraan, interview dilakukan dalam bahasa inggris. In my opinion, yang kerja di Citibank kayaknya memang kebanyakan lulusan luar negeri, karena keliatan sih dari cara mereka berbicara bahasa inggris itu cukup fasih menurutku.

Suasananya, sebenernya santai dan serius di saat yang bersamaan. Well, atau sebenernya santai tapi akunya yang nervous duluan ya? Hahahaha.

Ok, pertanyaan interview Citibank sebenernya ada pertanyaan-pertanyaan umum, tapi ada juga beberapa pertanyaan yang teoritis dan sejenis case study yang menurutku lumayan susah dan kayaknya aku kurang persiapan deh. Soalnya, aku ga begitu yakin sama jawabanku and once again I was super nervous. Hiks…

Oh, sebelum aku interview, aku udah online searched mengenai pertanyaan-pertanyaan apa yang akan keluar saat interview pekerjaan di Citibank.  And I guess it is my turn to tell you about the questions? (siapa tau berguna kan? Khususnya yang lagi mau interview di Citibank. Hehe)

So, here we go…
Pertanyaan interview di Citibank yang waktu itu ditanyakan ke aku adalah:

- Pertama, pasti mempekenalkan diri (Silahkan search di google, how to introduce yourself in a job interview)

- Karena mereka lihat di CV kalau aku punya onlineshop, mereka tanya-tanya juga seputar onlineshopku.
Contohnya:
>> Apa yang kamu pelajari tentang finance dari onlineshop kamu?
>>Kalau kamu punya onlineshop, apa ga keteteran urusnya kalau keterima kerja?
>>Kenapa kamu mau bekerja di Citibank, padahal udah punya bisnis sendiri?

- Ditanya juga common questions kalau melamar sebuah pekerjaan, apa kelemahan kamu? Yakin ga kamu keterima di Citibank? Apa yang kamu ketahui tentang Citibank? Kamu tau nggak ada unit apa aja di Citibank?

- Ditanya juga beberapa random questions, seperti: Kan rumah kamu jauh, kamu bakal pindah nggak kalau dapet intership di Citibank? Kamu kenal kan sama si “nama temenku”, kamu tanya apa aja ke dia? Kata si “nama temenku” gimana kerja di Citibank?, Ngelamar di tempat lain nggak?

- Apa yang kamu pelajari waktu kuliah tentang finance? Disini baru mulai deh mereka tanya-tanya tentang pengetahuan kamu tentang corporate banking dan financial ratios. Sebenernya, pertanyaan ngalir aja sesuai dengan apa yang kita omongin. In my case, aku ditanya:
>> Bagaimana cara menilai sebuah perusahaan?
>> Apa itu liquidity ratio?
>> Apa rumusnya?
>> Financial ratios apa yang menurut kamu paling penting?
>> Antara Apple sama Unilever, menurut kamu mana yang punya debt lebih banyak? (pertanyaan menjebak yang bikin stress. Hiks)
>> Memangnya bank mau kasih loan buat perusahaan untuk R&D? (aku ditanya ini karena kayanya salah jawab di pertanyaan menjebak di atas. Hiks)
>> Apa itu corporate banking?
>> Corporate banking itu ada apa aja?

- Selain seputar finance, aku juga ditanya hal-hal mengenai accounting. Intinya, aku ditanya:
>> Pokoknya tentang balance sheet, income statement, dan cash flows dan apa beda ketiganya dan masing-masing tuh menunjukkan apa, terus diantara mereka bertiga itu menurut kamu mana yang paling penting dan kenapa.

Hmm, kurang lebih itu sih pertanyaan-pertanyaan waktu interview di Citibank. Jujur aja, karena faktor nervous aku dari awal udah kebeban banget rasanya dan stress duluan. Hahahaha.

Tips dariku sih, kita harus keliatan yakin sama jawaban kita dan jangan nervous kayak aku ya… Kadang memang rasanya yang interview seperti menyudutkan gitu pertanyaan dan cara ngomongnya, tapi yang penting PERCAYA DIRI!

Menurutku aku screwed up during the interview, and sure enough aku “ga diterima” LOL. Oh well, at least I got the a job interview experience. Hehehe. Btw, the interview took around 45 minutes, cukup lama kan? Ya wajar sih, cos they asked a lot! Hehe.

Sekian posting-anku kali ini. Semoga pengalamanku ini bisa berguna ya… See you on my next post!


XOXO.

9 komentar:

  1. boleh tau email untuk hrd di citibank nya ?

    BalasHapus
  2. Interview full english yah? Aku daftar di call center gabakal ditanyain ttg akuntansi gt kan ya?:")

    BalasHapus
    Balasan
    1. Desy saya jga dipanggil buat posisi call center citibank buat tgl 2 nov. Kamu tgl brpa

      Hapus
    2. Saya juga besok ada panggilan interview buat cco di citibank

      Hapus
    3. Saya juga besok ada panggilan interview buat cco di citibank

      Hapus
    4. Bisa minta no kontak kalian yg bsk interview di south quarter.

      Hapus
  3. Mw nny untuk posisi call center interview pake bhasa inggris?

    BalasHapus

 
Images by Freepik